Minggu, 19 Desember 2010


Si Putih Punya Wanita
Keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari vagina selain dari darah haid.Cairan yang keluar tersebut harus dibedaka antara cairan normal atau tidak normal.Cairan normal berwarna jernih,tidak berbau,dan tidak gatal dan pedih.Lendir ini dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar di sekitar mulut vagina,vagina dan mulut rahim.Secara alamiah,lendir ini diperlukan sebagai pelumas.
Produksinya dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain oleh hormonal,rangsangan birahi,kelelahan fisik,dan psikisserta adanya benda asing yang masuk ke dalam organ reproduksi.Oleh karena itu lendir ini akan meningkat jumlahnya menjelang dan sesudah masa haid,pada keadaan ransangan birahi,dan pada ibu-ibu yang menggunakan alat kontrasepsi IUD atau ibu hamil.
Sedang cairan yang tidak normal disubut sebagai keputihan.Ciri-cirinya antara lain adalah memiliki jumlah yang banyak,warnanya putih seperti susu basi,kuning atau kehijauan disertai rasa gatal atau pedih,terkadang berbau amis atau busuk.
Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita.Kelainan tersebut dapat berupa infeksi,polip leher rahim,keganasan,serta adanya benda asing.
Tindakan pecegahan bisa ditempuh dengan berbagai cara,antara lain;
·         Menjaga kebersihan dan mencegah kelembaban yang berlebihan terutama jika sedang terjadi peningkatan jumlah lendir normal.
·         Menggunakan antiseptik yang sesuai dengan petunjuk dokter.
·         Melakukan perawatan dan memerisakan kesehatan organ intim secara rutin 6 bulan sekali bagi wanita yang pernah melakukan hubungan seksual.
·         Melakukan pemeriksaan deteksi dini kemungkinan adanya kanker mulut rahimdengan pap’s smear sebulan sekali.
Satu hal lagi,keputihan memang banyak dikuluhkan oleh wanita baik yang telah menikah atau yang belum menikah.Itu artinya semua wanita bisa mengalaminya,jadi tidak perlu khawatir yang berlebihan.Ok?!



                                                                                                                        Editor: M 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search